Makalah Tik Tentang Sejarah Komputer Dan Sejarah Internet
SMP NEGERI 36 MAKASSAR
KELAS VIII-4
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL..........................................................................................................
1
DAFTAR
ISI....................................................................................................................
1
PEMBAHASAN...............................................................................................................
2
1.1 Pengertian Dan Sejarah Komputer.............................................................................
2
1.1.1
Komputer Generasi Pertama....................................................................................
4
1.1.2
Komputer Generasi Kedua........................................................................................
5
1.1.3
Komputer Generasi Ketiga.......................................................................................
6
1.1.4
Komputer Generasi Keempat...................................................................................
6
1.1.5
Komputer Generasi Kelima......................................................................................
7
1.2 Sejarah Internet..........................................................................................................
8
PENUTUP.......................................................................................................................
10
3.1
Kesimpulan 10
DAFTAR
PUSTAKA ........................................................................................................ 10
PEMBAHASAN
Komputer
Berasal Dari Kata Compute Yang Artinya Menghitung.
Komputer Adalah Alat Yang Dipakai Untuk Mengolah Data Menurut Prosedur Komputer Semula Dipergunakan Untuk Menggambarkan Orang Yang Perkerjaannya Melakukan Perhitungan Aritmatika, Dengan Atau Tanpa Alat Bantu, Tetapi Arti Kata Ini Kemudian Dipindahkan Kepada Mesin Itu Sendiri. Asal Mulanya, Pengolahan Informasi Hampir Eksklusif Berhubungan Dengan Masalah Aritmatika, Tetapi Komputer Modern Dipakai Untuk Banyak Tugas Yang Tidak Berhubungan Dengan Matematika Yang Telah Dirumuskan, Atau Dapat Diartikan Bahwa Komputer Di Zaman Modern Artinya Adalah Serangkai Mesin Elektronik Yang Dapat Bekerjasama Serta Membentuk Sebuah Sistem Kerja. Dalam Definisi Seperti Itu Terdapat Alat Seperti Slide Rule, Jenis Kalkulator Mekanik Mulai Dari Abakus Dan Seterusnya, Sampai Semua Komputer Elektronik Yang Kontemporer. Istilah Lebih Baik Yang Cocok Untuk Arti Luas Seperti Komputer Adalah Yang Memproses Informasi Atau Sistem Pengolah Informasi.
Komputer Adalah Alat Yang Dipakai Untuk Mengolah Data Menurut Prosedur Komputer Semula Dipergunakan Untuk Menggambarkan Orang Yang Perkerjaannya Melakukan Perhitungan Aritmatika, Dengan Atau Tanpa Alat Bantu, Tetapi Arti Kata Ini Kemudian Dipindahkan Kepada Mesin Itu Sendiri. Asal Mulanya, Pengolahan Informasi Hampir Eksklusif Berhubungan Dengan Masalah Aritmatika, Tetapi Komputer Modern Dipakai Untuk Banyak Tugas Yang Tidak Berhubungan Dengan Matematika Yang Telah Dirumuskan, Atau Dapat Diartikan Bahwa Komputer Di Zaman Modern Artinya Adalah Serangkai Mesin Elektronik Yang Dapat Bekerjasama Serta Membentuk Sebuah Sistem Kerja. Dalam Definisi Seperti Itu Terdapat Alat Seperti Slide Rule, Jenis Kalkulator Mekanik Mulai Dari Abakus Dan Seterusnya, Sampai Semua Komputer Elektronik Yang Kontemporer. Istilah Lebih Baik Yang Cocok Untuk Arti Luas Seperti Komputer Adalah Yang Memproses Informasi Atau Sistem Pengolah Informasi.
Abacus,
Yang Muncul Sekitar 5000 Tahun Yang Lalu Di Asia Kecil Dan Masih Digunakan Di
Beberapa Tempat Hingga Saat Ini, Dapat Dianggap Sebagai Awal Mula Mesin
Komputasi.
Alat Ini Memungkinkan Penggunanya Untuk Melakukan Perhitungan Menggunakan Biji-Bijian Geser Yang Diatur Pada Sebuh Rak. Para Pedagang Di Masa Itu Menggunakan Abacus Untuk Menghitung Transaksi Perdagangan. Seiring Dengan Munculnya Pensil Dan Kertas, Terutama Di Eropa, Abacus Kehilangan Popularitasnya.
Alat Ini Memungkinkan Penggunanya Untuk Melakukan Perhitungan Menggunakan Biji-Bijian Geser Yang Diatur Pada Sebuh Rak. Para Pedagang Di Masa Itu Menggunakan Abacus Untuk Menghitung Transaksi Perdagangan. Seiring Dengan Munculnya Pensil Dan Kertas, Terutama Di Eropa, Abacus Kehilangan Popularitasnya.
Setelah
Hampir 12 Abad, Muncul Penemuan Lain Dalam Hal Mesin Komputasi. Pada Tahun
1642, Blaise Pascal (1623-1662), Yang Pada Waktu Itu Berumur 18 Tahun,
Menemukan Apa Yang Ia Sebut Sebagai Kalkulator Roda Numerik (Numerical Wheel
Calculator) Untuk Membantu Ayahnya Melakukan Perhitungan Pajak. Kotak Persegi
Kuningan Ini Yang Dinamakan Pascaline, Menggunakan Delapan Roda Putar Bergerigi
Untuk Menjumlahkan Bilangan Hingga Delapan Digit. Alat Ini Merupakan Alat
Penghitung Bilangan Berbasis Sepuluh. Kelemahan Alat Ini Adalah Hanya Terbataas
Untuk Melakukan Penjumlahan.
Tahun
1694, Seorang Matematikawan Dan Filsuf Jerman, Gottfred Wilhem Von Leibniz
(1646-1716) Memperbaiki Pascaline Dengan Membuat Mesin Yang Dapat Mengalikan.
Sama Seperti Pendahulunya, Alat Mekanik Ini Bekerja Dengan Menggunakan
Roda-Roda Gerigi. Dengan Mempelajari Catatan Dan Gambar-Gambar Yang Dibuat Oleh
Pascal, Leibniz Dapat Menyempurnakan Alatnya. Barulah Pada Tahun 1820,
Kalkulator Mekanik Mulai Populer. Charles Xavier Thomas De Colmar Menemukan
Mesin Yang Dapat Melakukan Empat Fungsi Aritmatik Dasar. Kalkulator Mekanik
Colmar, Arithometer, Mempresentasikan Pendekatan Yang Lebih Praktis Dalam
Kalkulasi Karena Alat Tersebut Dapat Melakukan Penjumlahan, Pengurangan,
Perkalian, Dan Pembagian. Dengan Kemampuannya, Arithometer Banyak Dipergunakan
Hingga Masa Perang Dunia I.
Bersama-Sama Dengan Pascal Dan Leibniz, Colmar Membantu Membangun Era Komputasi Mekanikal.
Bersama-Sama Dengan Pascal Dan Leibniz, Colmar Membantu Membangun Era Komputasi Mekanikal.
Awal
Mula Komputer Yang Sebenarnya Dibentuk Oleh Seorang Profesor Matematika
Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage Memperhatikan
Kesesuaian Alam Antara Mesin Mekanik Dan Matematika:Mesin Mekanik Sangat Baik
Dalam Mengerjakan Tugas Yang Sama Berulangkali Tanpa Kesalahan; Sedang Matematika
Membutuhkan Repetisi Sederhana Dari Suatu Langkah-Langkah Tertentu. Masalah
Tersebut Kemudain Berkembang Hingga Menempatkan Mesin Mekanik Sebagai Alat
Untuk Menjawab Kebutuhan Mekanik. Usaha Babbage Yang Pertama Untuk Menjawab
Masalah Ini Muncul Pada Tahun 1822 Ketika Ia Mengusulkan Suatu Mesin Untuk
Melakukan Perhitungan Persamaan Differensil. Mesin Tersebut Dinamakan Mesin
Differensial. Dengan Menggunakan Tenaga Uap, Mesin Tersebut Dapat Menyimpan
Program Dan Dapat Melakukan Kalkulasi Serta Mencetak Hasilnya Secara Otomatis.
Setelah Bekerja Dengan Mesin Differensial Selama Sepuluh Tahun, Babbage
Tiba-Tiba Terinspirasi Untuk Memulai Membuat Komputer General-Purpose Yang
Pertama, Yang Disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842)
Memiliki Peran Penting Dalam Pembuatan Mesin Ini. Ia Membantu Merevisi Rencana,
Mencari Pendanaan Dari Pemerintah Inggris, Dan Mengkomunikasikan Spesifikasi
Anlytical Engine Kepada Publik. Selain Itu, Pemahaman Augusta Yang Baik Tentang
Mesin Ini Memungkinkannya Membuat Instruksi Untuk Dimasukkan Ke Dlam Mesin Dan
Juga Membuatnya Menjadi Programmer Wanita Yang Pertama. Pada Tahun 1980,
Departemen Pertahanan Amerika Serikat Menamakan Sebuah Bahasa Pemrograman
Dengan Nama ADA Sebagai Penghormatan Kepadanya.
Mesin
Uap Babbage, Walaupun Tidak Pernah Selesai Dikerjakan, Tampak Sangat Primitif
Apabila Dibandingkan Dengan Standar Masa Kini. Bagaimanapun Juga, Alat Tersebut
Menggambarkan Elemen Dasar Dari Sebuah Komputer Modern Dan Juga Mengungkapkan
Sebuah Konsep Penting. Terdiri Dari Sekitar 50.000 Komponen, Desain Dasar Dari
Analytical Engine Menggunakan Kartu-Kartu Perforasi (Berlubang-Lubang) Yang
Berisi Instruksi Operasi Bagi Mesin Tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860
1929) Juga Menerapkan Prinsip Kartu Perforasi Untuk Melakukan Penghitungan.
Tugas Pertamanya Adalah Menemukan Cara Yang Lebih Cepat Untuk Melakukan
Perhitungan Bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus Sebelumnya Yang Dilakukan
Di Tahun 1880 Membutuhkan Waktu Tujuh Tahun Untuk Menyelesaikan Perhitungan.
Dengan Berkembangnya Populasi, Biro Tersebut Memperkirakan Bahwa Dibutuhkan
Waktu Sepuluh Tahun Untuk Menyelesaikan Perhitungan Sensus.
Hollerith
Menggunakan Kartu Perforasi Untuk Memasukkan Data Sensus Yang Kemudian Diolah
Oleh Alat Tersebut Secara Mekanik. Sebuah Kartu Dapat Menyimpan Hingga 80
Variabel. Dengan Menggunakan Alat Tersebut, Hasil Sensus Dapat Diselesaikan
Dalam Waktu Enam Minggu. Selain Memiliki Keuntungan Dalam Bidang Kecepatan,
Kartu Tersebut Berfungsi Sebagai Media Penyimpan Data. Tingkat Kesalahan
Perhitungan Juga Dapat Ditekan Secara Drastis. Hollerith Kemudian Mengembangkan
Alat Tersebut Dan Menjualnya Ke Masyarakat Luas. Ia Mendirikan Tabulating
Machine Company Pada Tahun 1896 Yang Kemudian Menjadi International Business
Machine (1924) Setelah Mengalami Beberapa Kali Merger. Perusahaan Lain Seperti
Remington Rand And Burroghs Juga Memproduksi Alat Pembac Kartu Perforasi Untuk
Usaha Bisnis. Kartu Perforasi Digunakan Oleh Kalangan Bisnis Dn Pemerintahan
Untuk Permrosesan Data Hingga Tahun 1960.
Pada
Masa Berikutnya, Beberapa Insinyur Membuat Penemuan Baru Lainnya. Vannevar Bush
(1890- 1974) Membuat Sebuah Kalkulator Untuk Menyelesaikan Persamaan
Differensial Di Tahun 1931. Mesin Tersebut Dapat Menyelesaikan Persamaan Differensial
Kompleks Yang Selama Ini Dianggap Rumit Oleh Kalangan Akademisi. Mesin Tersebut
Sangat Besar Dan Berat Karena Ratusan Gerigi Dan Poros Yang Dibutuhkan Untuk
Melakukan Perhitungan. Pada Tahun 1903, John V. Atanasoff Dan Clifford Berry
Mencoba Membuat Komputer Elektrik Yang Menerapkan Aljabar Boolean Pada Sirkuit
Elektrik. Pendekatan Ini Didasarkan Pada Hasil Kerja George Boole (1815-1864)
Berupa Sistem Biner Aljabar, Yang Menyatakan Bahwa Setiap Persamaan Matematik
Dapat Dinyatakan Sebagai Benar Atau Salah. Dengan Mengaplikasikan Kondisi
Benar-Salah Ke Dalam Sirkuit Listrik Dalam Bentuk Terhubung-Terputus, Atanasoff
Dan Berry Membuat Komputer Elektrik Pertama Di Tahun 1940. Namun Proyek Mereka
Terhenti Karena Kehilangan Sumber Pendanaan.
Menurut Sejarah Komputer, Generasi Komputer Dibagi Menjadi 5 Bagian :
Menurut Sejarah Komputer, Generasi Komputer Dibagi Menjadi 5 Bagian :
1.
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dengan
Terjadinya Perang Dunia Kedua, Negara-Negara Yang Terlibat Dalam Perang
Tersebut Berusaha Mengembangkan Komputer Untuk Mengeksploit Potensi Strategis
Yang Dimiliki Komputer. Hal Ini Meningkatkan Pendanaan Pengembangan Komputer
Serta Mempercepat Kemajuan Teknik Komputer. Pada Tahun 1941, Konrad Zuse,
Seorang Insinyur Jerman Membangun Sebuah Komputer, Z3, Untuk Mendesain Pesawat
Terbang Dan Peluru Kendali.
Pihak
Sekutu Juga Membuat Kemajuan Lain Dalam Pengembangan Kekuatan Komputer. Tahun
1943, Pihak Inggris Menyelesaikan Komputer Pemecah Kode Rahasia Yang Dinamakan
Colossus Untuk Memecahkan Kode-Rahasia Yang Digunakan Jerman. Dampak Pembuatan
Colossus Tidak Terlalu Mempengaruhi Perkembangan Industri Komputer Dikarenakan
Dua Alasan. Pertama, Colossus Bukan Merupakan Komputer Serbaguna
(General-Purpose Computer), Ia Hanya Didesain Untuk Memecahkan Kode Rahasia.
Kedua, Keberadaan Mesin Ini Dijaga Kerahasiaannya Hingga Satu Dekade Setelah
Perang Berakhir.
Usaha
Yang Dilakukan Oleh Pihak Amerika Pada Saat Itu Menghasilkan Suatu Kemajuan
Lain. Howard H. Aiken (1900-1973), Seorang Insinyur Harvard Yang Bekerja Dengan
IBM, Berhasil Memproduksi Kalkulator Elektronik Untuk US Navy. Kalkulator
Tersebut Berukuran Panjang Setengah Lapangan Bola Kaki Dan Memiliki Rentang
Kabel Sepanjang 500 Mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled
Calculator, Atau Mark I, Merupakan Komputer Relai Elektronik. Ia Menggunakan Sinyal
Elektromagnetik Untuk Menggerakkan Komponen Mekanik. Mesin Tersebut Beropreasi
Dengan Lambat (Ia Membutuhkan 3-5 Detik Untuk Setiap Perhitungan) Dan Tidak
Fleksibel (Urutan Kalkulasi Tidak Dapat Diubah). Kalkulator Tersebut Dapat
Melakukan Perhitungan Aritmatik Dasar Dan Persamaan Yang Lebih Kompleks.
Perkembangan
Komputer Lain Pada Masa Kini Adalah Electronic Numerical Integrator And
Computer (ENIAC), Yang Dibuat Oleh Kerjasama Antara Pemerintah Amerika Serikat
Dan University Of Pennsylvania. Terdiri Dari 18.000 Tabung Vakum, 70.000
Resistor, Dan 5 Juta Titik Solder, Komputer Tersebut Merupakan Mesin Yang
Sangat Besar Yang Mengkonsumsi Daya Sebesar 160kw.
Komputer
Ini Dirancang Oleh John Presper Eckert (1919-1995) Dn John W. Mauchly
(1907-1980), ENIAC Merupakan Komputer Serbaguna (General Purpose Computer) Yang
Bekerja 1000 Kali Lebih Cepat Dibandingkan Mark I.
Pada
Pertengahan 1940-An, John Von Neumann (1903-1957) Bergabung Dengan Tim
University Of Pennsylvania Dalam Usha Membangun Konsep Desin Komputer Yang
Hingga 40 Tahun Mendatang Masih Dipakai Dalam Teknik Komputer. Von Neumann
Mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) Pada Tahun
1945 Dengan Sebuh Memori Untuk Menampung Baik Program Ataupun Data. Teknik Ini
Memungkinkan Komputer Untuk Berhenti Pada Suatu Saat Dan Kemudian Melanjutkan
Pekerjaannya Kembali. Kunci Utama Arsitektur Von Neumann Adalah Unit Pemrosesan
Sentral (CPU), Yang Memungkinkan Seluruh Fungsi Komputer Untuk Dikoordinasikan
Melalui Satu Sumber Tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer
I) Yang Dibuat Oleh Remington Rand, Menjadi Komputer Komersial Pertama Yang
Memanfaatkan Model Arsitektur Von Neumann Tersebut.
Baik
Badan Sensus Amerika Serikat Dan General Electric Memiliki UNIVAC. Salah Satu
Hasil Mengesankan Yang Dicapai Oleh UNIVAC Dalah Keberhasilannya Dalam
Memprediksi Kemenangan Dwilight D. Eisenhower Dalam Pemilihan Presiden Tahun
1952.
Komputer
Generasi Pertama Dikarakteristik Dengan Fakta Bahwa Instruksi Operasi Dibuat
Secara Spesifik Untuk Suatu Tugas Tertentu. Setiap Komputer Memiliki Program
Kode-Biner Yang Berbeda Yang Disebut “Bahasa Mesin” (Machine Language). Hal Ini
Menyebabkan Komputer Sulit Untuk Diprogram Dan Membatasi Kecepatannya. Ciri
Lain Komputer Generasi Pertama Adalah Penggunaan Tube Vakum (Yang Membuat
Komputer Pada Masa Tersebut Berukuran Sangat Besar) Dn Silinder Magnetik Untuk
Penyimpanan Data.
2.
KOMPUTER GENERASI KEDUA
Pada
Tahun 1948, Penemuan Transistor Sangat Mempengaruhi Perkembangan Komputer.
Transistor Menggantikan Tube Vakum Di Televisi, Radio, Dan Komputer. Akibatnya,
Ukuran Mesin-Mesin Elektrik Berkurang Drastis.
Transistor
Mulai Digunakan Di Dalam Komputer Mulai Pada Tahun 1956. Penemuan Lain Yang
Berupa Pengembangan Memori Inti-Magnetik Membantu Pengembangan Komputer
Generasi Kedua Yang Lebih Kecil, Lebih Cepat, Lebih Dapat Diandalkan, Dan Lebih
Hemat Energi Dibanding Para Pendahulunya. Mesin Pertama Yang Memanfaatkan
Teknologi Baru Ini Adalah Superkomputer. IBM Membuat Superkomputer Bernama
Stretch, Dan Sprery-Rand Membuat Komputer Bernama LARC. Komputerkomputer Ini,
Yang Dikembangkan Untuk Laboratorium Energi Atom, Dapat Menangani Sejumlah
Besar Data, Sebuah Kemampuan Yang Sangat Dibutuhkan Oleh Peneliti Atom. Mesin
Tersebut Sangat Mahal Dan Cenderung Terlalu Kompleks Untuk Kebutuhan Komputasi
Bisnis, Sehingga Membatasi Kepopulerannya. Hanya Ada Dua LARC Yang Pernah Dipasang
Dan Digunakan: Satu Di Lawrence Radiation Labs Di Livermore, California, Dan
Yang Lainnya Di US Navy Research And Development Center Di Washington D.C.
Komputer Generasi Kedua Menggantikan Bahasa Mesin Dengan Bahasa Assembly.
Bahasa Assembly Adalah Bahasa Yang Menggunakan Singkatan-Singakatan Untuk
Menggantikan Kode Biner.
Pada
Awal 1960-An, Mulai Bermunculan Komputer Generasi Kedua Yang Sukses Di Bidang
Bisnis, Di Universitas, Dan Di Pemerintahan. Komputer-Komputer Generasi Kedua
Ini Merupakan Komputer Yang Sepenuhnya Menggunakan Transistor. Mereka Juga
Memiliki Komponen-Komponen Yang Dapat Diasosiasikan Dengan Komputer Pada Saat
Ini: Printer, Penyimpanan Dalam Disket, Memory, Sistem Operasi, Dan Program.
Salah
Satu Contoh Penting Komputer Pada Masa Ini Adalah IBM 1401 Yang Diterima Secara
Luas Di Kalangan Industri. Pada Tahun 1965, Hampir Seluruh Bisnis-Bisnis Besar
Menggunakan Komputer Generasi Kedua Untuk Memproses Informasi Keuangan.
Program
Yang Tersimpan Di Dalam Komputer Dan Bahasa Pemrograman Yang Ada Di Dalamnya
Memberikan Fleksibilitas Kepada Komputer. Fleksibilitas Ini Meningkatkan
Kinerja Dengan Harga Yang Pantas Bagi Penggunaan Bisnis. Dengan Konsep Ini,
Komputer Dapat Mencetak Faktur Pembelian Konsumen Dan Kemudian Menjalankan
Desain Produk Atau Menghitung Daftar Gaji. Beberapa Bahasa Pemrograman Mulai
Bermunculan Pada Saat Itu. Bahasa Pemrograman Common Business-Oriented Language
(COBOL) Dan Formula Translator (FORTRAN) Mulai Umum Digunakan. Bahasa
Pemrograman Ini Menggantikan Kode Mesin Yang Rumit Dengan Kata-Kata, Kalimat,
Dan Formula Matematika Yang Lebih Mudah Dipahami Oleh Manusia. Hal Ini
Memudahkan Seseorang Untuk Memprogram Dan Mengatur Komputer. Berbagai Macam
Karir Baru Bermunculan (Programmer, Analyst, Dan Ahli Sistem Komputer).
Industri Piranti Lunak Juga Mulai Bermunculan Dan Berkembang Pada Masa Komputer
Generasi Kedua Ini.
3.
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Walaupun Transistor Dalam Banyak Hal Mengungguli Tube Vakum, Namun Transistor Menghasilkan Panas Yang Cukup Besar, Yang Dapat Berpotensi Merusak Bagian-Bagian Internal Komputer. Batu Kuarsa (Quartz Rock) Menghilangkan Masalah Ini. Jack Kilby, Seorang Insinyur Di Texas Instrument, Mengembangkan Sirkuit Terintegrasi (IC : Integrated Circuit) Di Tahun 1958. IC Mengkombinasikan Tiga Komponen Elektronik Dalam Sebuah Piringan Silikon Kecil Yang Terbuat Dari Pasir Kuarsa. Pada Ilmuwan Kemudian Berhasil Memasukkan Lebih Banyak Komponen-Komponen Ke Dalam Suatu Chip Tunggal Yang Disebut Semikonduktor. Hasilnya, Komputer Menjadi Semakin Kecil Karena Komponenkomponen Dapat Dipadatkan Dalam Chip. Kemajuan Komputer Generasi Ketiga Lainnya Adalah Penggunaan Sistem Operasi (Operating System) Yang Memungkinkan Mesin Untuk Menjalankan Berbagai Program Yang Berbeda Secara Serentak Dengan Sebuah Program Utama Yang Memonitor Dan Mengkoordinasi Memori Komputer.
4.
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Setelah
IC, Tujuan Pengembangan Menjadi Lebih Jelas: Mengecilkan Ukuran Sirkuit Dan
Komponenkomponen Elektrik. Large Scale Integration (LSI) Dapat Memuat Ratusan
Komponen Dalam Sebuah Chip. Pada Tahun 1980-An, Very Large Scale Integration
(VLSI) Memuat Ribuan Komponen Dalam Sebuah Chip Tunggal.
Ultra-Large
Scale Integration (ULSI) Meningkatkan Jumlah Tersebut Menjadi Jutaan. Kemampuan
Untuk Memasang Sedemikian Banyak Komponen Dalam Suatu Keping Yang Berukurang
Setengah Keping Uang Logam Mendorong Turunnya Harga Dan Ukuran Komputer. Hal
Tersebut Juga Meningkatkan Daya Kerja, Efisiensi Dan Keterandalan Komputer.
Chip Intel 4004 Yang Dibuat Pada Tahun 1971 Membawa Kemajuan Pada IC Dengan
Meletakkan Seluruh Komponen Dari Sebuah Komputer (Central Processing Unit,
Memori, Dan Kendali Input/Output) Dalam Sebuah Chip Yang Sangat Kecil.
Sebelumnya, IC Dibuat Untuk Mengerjakan Suatu Tugas Tertentu Yang Spesifik. Sekarang,
Sebuah Mikroprosesor Dapat Diproduksi Dan Kemudian Diprogram Untuk Memenuhi
Seluruh Kebutuhan Yang Diinginkan. Tidak Lama Kemudian, Setiap Perangkat Rumah
Tangga Seperti Microwave Oven, Televisi, Dn Mobil Dengan Electronic Fuel
Injection Dilengkapi Dengan Mikroprosesor.
Perkembangan
Yang Demikian Memungkinkan Orang-Orang Biasa Untuk Menggunakan Komputer Biasa.
Komputer Tidak Lagi Menjadi Dominasi Perusahaan-Perusahaan Besar Atau Lembaga
Pemerintah. Pada Pertengahan Tahun 1970-An, Perakit Komputer Menawarkan Produk
Komputer Mereka Ke Masyarakat Umum. Komputer-Komputer Ini, Yang Disebut
Minikomputer, Dijual Dengan Paket Piranti Lunak Yang Mudah Digunakan Oleh
Kalangan Awam. Piranti Lunak Yang Paling Populer Pada Saat Itu Adalah Program
Word Processing Dan Spreadsheet. Pada Awal 1980-An, Video Game Seperti Atari
2600 Menarik Perhatian Konsumen Pada Komputer Rumahan Yang Lebih Canggih Dan
Dapat Diprogram.
Pada
Tahun 1981, IBM Memperkenalkan Penggunaan Personal Computer (PC) Untuk
Penggunaan Di Rumah, Kantor, Dan Sekolah. Jumlah PC Yang Digunakan Melonjak
Dari 2 Juta Unit Di Tahun 1981 Menjadi 5,5 Juta Unit Di Tahun 1982. Sepuluh
Tahun Kemudian, 65 Juta PC Digunakan. Komputer Melanjutkan Evolusinya Menuju
Ukuran Yang Lebih Kecil, Dari Komputer Yang Berada Di Atas Meja (Desktop
Computer) Menjadi Komputer Yang Dapat Dimasukkan Ke Dalam Tas (Laptop), Atau
Bahkan Komputer Yang Dapat Digenggam (Palmtop).
IBM PC
Bersaing Dengan Apple Macintosh Dalam Memperebutkan Pasar Komputer. Apple
Macintosh Menjadi Terkenal Karena Mempopulerkan Sistem Grafis Pada Komputernya,
Sementara Saingannya Masih Menggunakan Komputer Yang Berbasis Teks. Macintosh
Juga Mempopulerkan Penggunaan Piranti Mouse.
Pada
Masa Sekarang, Kita Mengenal Perjalanan IBM Compatible Dengan Pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial Dari CPU Buatan
Intel). Juga Kita Kenal AMD K6, Athlon, Dsb. Ini Semua Masuk Dalam Golongan
Komputer Generasi Keempat.
Seiring
Dengan Menjamurnya Penggunaan Komputer Di Tempat Kerja, Cara-Cara Baru Untuk
Menggali Potensial Terus Dikembangkan. Seiring Dengan Bertambah Kuatnya Suatu
Komputer Kecil, Komputerkomputer Tersebut Dapat Dihubungkan Secara Bersamaan
Dalam Suatu Jaringan Untuk Saling Berbagi Memori, Piranti Lunak, Informasi, Dan
Juga Untuk Dapat Saling Berkomunikasi Satu Dengan Yang Lainnya. Komputer
Jaringan Memungkinkan Komputer Tunggal Untuk Membentuk Kerjasama Elektronik
Untuk Menyelesaikan Suatu Proses Tugas. Dengan Menggunakan Perkabelan Langsung
(Disebut Juga Local Area Network, LAN), Atau Kabel Telepon, Jaringan Ini Dapat
Berkembang Menjadi Sangat Besar.
5.
KOMPUTER GENERASI KELIMA
Mendefinisikan Komputer Generasi Kelima Menjadi Cukup Sulit Karena Tahap Ini Masih Sangat Muda. Contoh Imajinatif Komputer Generasi Kelima Adalah Komputer Fiksi HAL9000 Dari Novel Karya Arthur C. Clarke Berjudul 2001:Space Odyssey. HAL Menampilkan Seluruh Fungsi Yang Diinginkan Dari Sebuah Komputer Generasi Kelima. Dengan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), HAL Dapat Cukup Memiliki Nalar Untuk Melakukan Percapakan Dengan Manusia, Menggunakan Masukan Visual, Dan Belajar Dari Pengalamannya Sendiri.
Walaupun
Mungkin Realisasi HAL9000 Masih Jauh Dari Kenyataan, Banyak Fungsi-Fungsi Yang
Dimilikinya Sudah Terwujud. Beberapa Komputer Dapat Menerima Instruksi Secara
Lisan Dan Mampu Meniru Nalar Manusia. Kemampuan Untuk Menterjemahkan Bahasa
Asing Juga Menjadi Mungkin. Fasilitas Ini Tampak Sederhana. Namun Fasilitas
Tersebut Menjadi Jauh Lebih Rumit Dari Yang Diduga Ketika Programmer Menyadari
Bahwa Pengertia Manusia Sangat Bergantung Pada Konteks Dan Pengertian Ketimbang
Sekedar Menterjemahkan Kata-Kata Secara Langsung.
Banyak
Kemajuan Di Bidang Desain Komputer Dan Teknologi Semakin Memungkinkan Pembuatan
Komputer Generasi Kelima. Dua Kemajuan Rekayasa Yang Terutama Adalah Kemampuan
Pemrosesan Paralel, Yang Akan Menggantikan Model Non Neumann. Model Non Neumann
Akan Digantikan Dengan Sistem Yang Mampu Mengkoordinasikan Banyak CPU Untuk
Bekerja Secara Serempak. Kemajuan Lain Adalah Teknologi Superkonduktor Yang
Memungkinkan Aliran Elektrik Tanpa Ada Hambatan Apapun, Yang Nantinya Dapat
Mempercepat Kecepatan Informasi.
2. Sejarah Internet
Sejarah Internet Dan Perkembangan Internet
Secara
Harfiah,
Internet (Kependekan Dari Interconnected-Networking) Ialah Rangkaian Komputer Yang
Terhubung Di Dalam Beberapa Rangkaian. Manakala Internet (Huruf 'I' Besar)
Ialah Sistem Komputer Umum, Yang Berhubung Secara Global Dan Menggunakan TCP/IP
Sebagai Protokol Pertukaran Paket (Packet Switching Communication Protocol).
Rangkaian Internet Yang Terbesar Dinamakan Internet. Cara Menghubungkan Rangkaian Dengan Kaedah Ini Dinamakan
Internetworking.
Sejarah Dari Adanya Intenet Dimulai Pada Tahun 1969
Ketika Itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research
Projects Agency(DARPA) Memutuskan Untuk Mengadakan Riset Tentang Bagaimana Cara
Menghubungkan Sejumlah Komputer Sehingga Membentuk Jaringan Organik.
Program
Riset Ini Dikenal Dengan Nama ARPANET. Pada 1970, Sudah Lebih Dari 10 Komputer
Yang Berhasil Dihubungkan Satu Sama Lain Sehingga Mereka Bisa Saling
Berkomunikasi Dan Membentuk Sebuah Jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson Berhasil Menyempurnakan
Program E-Mail Yang Ia Ciptakan Setahun Yang Lalu Untuk ARPANET.
Program E-Mail Ini Begitu Mudah Sehingga Langsung Menjadi Populer. Pada Tahun
Yang Sama, Icon @Juga Diperkenalkan Sebagai Lambang Penting Yang Menunjukkan
“At” Atau “Pada”. Tahun 1973, Jaringan Komputer ARPANET Mulai Dikembangkan Ke
Luar Amerika Serikat.
Komputer
University College Di London Merupakan Komputer Pertama Yang Ada Di Luar
Amerika Yang Menjadi Anggota Jaringan Arpanet. Pada Tahun Yang Sama, Dua Orang
Ahli Komputer Yakni Vinton Cerf Dan Bob Kahn Mempresentasikan Sebuah Gagasan
Yang Lebih Besar, Yang Menjadi Cikal Bakal Pemikiran Internet. Ide Ini Dipresentasikan
Untuk Pertama Kalinya Di Universitas Sussex.
Hari Bersejarah Berikutnya Adalah Tanggal 26 Maret
1976, Ketika Ratu Inggris Berhasil Mengirimkan E-Mail Dari
Royal Signals And Radar Establishment Di Malvern. Setahun Kemudian, Sudah Lebih
Dari 100 Komputer Yang Bergabung Di ARPANET Membentuk Sebuah Jaringan Atau
Network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis Dan Steve Bellovin, Menciptakan
Newsgroups Pertama Yang Diberi Nama USENET. Tahun 1981 France Telecom
Menciptakan Gebrakan Dengan Meluncurkan Telpon Televisi Pertama, Dimana Orang
Bisa Saling Menelpon Sambil Berhubungan Dengan Video Link.
Karena
Komputer Yang Membentuk Jaringan Semakin Hari Semakin Banyak, Maka Dibutuhkan
Sebuah Protokol Resmi Yang Diakui Oleh Semua Jaringan. Pada Tahun 1982 Dibentuk
Transmission Control Protocol Atau TCP Dan Internet Protokol Atau IP Yang Kita
Kenal Semua. Sementara Itu Di Eropa Muncul Jaringan Komputer Tandingan Yang
Dikenal Dengan Eunet, Yang Menyediakan Jasa Jaringan Komputer Di Negara-Negara
Belanda, Inggris, Denmark Dan Swedia. Jaringan Eunet Menyediakan Jasa E-Mail
Dan Newsgroup USENET.
Untuk
Menyeragamkan Alamat Di Jaringan Komputer Yang Ada, Maka Pada Tahun 1984
Diperkenalkan Sistem Nama Domain, Yang Kini Kita Kenal Dengan DNS Atau Domain
Name System. Komputer Yang Tersambung Dengan Jaringan Yang Ada Sudah Melebihi
1000 Komputer Lebih. Pada 1987 Jumlah Komputer Yang Tersambung Ke Jaringan
Melonjak 10 Kali Lipat Manjadi 10.000 Lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen Dari Finland Menemukan
Dan Sekaligus Memperkenalkan IRC Atau Internet Relay Chat.
Setahun Kemudian, Jumlah Komputer Yang Saling Berhubungan Kembali Melonjak 10
Kali Lipat Dalam Setahun. Tak Kurang Dari 100.000 Komputer Kini Membentuk
Sebuah Jaringan. Tahun 1990 Adalah Tahun Yang Paling Bersejarah, Ketika Tim Berners
Lee Menemukan Program Editor Dan Browser Yang Bisa Menjelajah Antara Satu
Komputer Dengan Komputer Yang Lainnya, Yang Membentuk Jaringan Itu. Program Inilah Yang Disebut Www, Atau Worl
Wide Web.
Tahun
1992, Komputer Yang Saling Tersambung Membentuk Jaringan Sudah Melampaui Sejuta
Komputer, Dan Di Tahun Yang Sama Muncul Istilah Surfing The Internet. Tahun
1994, Situs Internet Telah Tumbuh Menjadi 3000 Alamat Halaman, Dan Untuk
Pertama Kalinya Virtual-Shopping Atau E-Retail Muncul Di Internet. Dunia Langsung
Berubah. Di Tahun Yang Sama Yahoo! Didirikan, Yang Juga Sekaligus Kelahiran
Netscape Navigator
1.0.Perkembangan Internet
Teknologi
Informasi Dan Telekomunikasi (Information And Communication Technology/ICT)
Merupakan Tulang Punggung Aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi
Dan Komunikasi Yang Fenomenal Dan Menjadi Awal Munculnya Aplikasi Web Adalah
Internet. Internet Yang Berawal Dari Riset Untuk Pertahanan Dan Keamanan Serta
Pendidikan Berkembang Menjadi Perangkat Pendukung Bisnis Yang Sangat
Berpengaruh. Dalam Kaitan Dengan Aplikasi Web 2.0 Ini, Terdapat Beberapa
Peristiwa Penting Dalam Sejarah Internet.
Berawal Pada Tahun 1957,
Melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat Bertekad
Mengembangkan Jaringan Komunikasi Terintegrasi Yang Saling Menghubungkan
Komunitas Sains Dan Keperluan Militer. Hal Ini Dilatarbelakangi Oleh Terjadinya
Perang Dingin Antara Amerika Serikat Dengan Uni Soviet (Tahun 1957 Soviet
Meluncurkan Sputnik).
Perkembangan Besar Internet Pertama Adalah Penemuan
Terpenting ARPA Yaitu Packet Switching Pada Tahun 1960.
Packet Switching Adalah Pengiriman Pesan Yang Dapat Dipecah Dalam Paket-Paket
Kecil Yang Masing-Masing Paketnya Dapat Melalui Berbagai Alternatif Jalur Jika
Salahsatu Jalur Rusak Untuk Mencapai Tujuan Yang Telah Ditentukan. Packet
Switching Juga Memungkinkan Jaringan Dapat Digunakan Secara Bersamaan Untuk
Melakukan Banyak Koneksi, Berbeda Dengan Jalur Telepon Yang Memerlukan Jalur
Khusus Untuk Melakukan Koneksi. Maka Ketika ARPANET Menjadi Jaringan Komputer
Nasional Di Amerika Serikat Pada 1969, Packet Switching Digunakan Secara
Menyeluruh Sebagai Metode Komunikasinya Menggantikan Circuit Switching Yang
Digunakan Pada Sambungan Telepon Publik.
Perkembangan Besar Internet Kedua Yang Dicatat Pada
Sejarah Internet Adalah Pengembangan Lapisan Protokol Jaringan Yang Terkenal
Karena Paling Banyak Digunakan Sekarang Yaitu TCP/IP (Transmission Control
Protocol/ Internet Protocol). Protokol Adalah Suatu Kumpulan Aturan Untuk
Berhubungan Antarjaringan. Protokol Ini Dikembangkan Oleh Robert Kahn Dan
Vinton Cerf Pada Tahun 1974. Dengan Protokol Yang Standar Dan Disepakati Secara
Luas, Maka Jaringan Lokal Yang Tersebar Di Berbagai Tempat Dapat Saling
Terhubung Membentuk Jaringan Raksasa Bahkan Sekarang Ini Menjangkau Seluruh
Dunia. Jaringan Dengan Menggunakan Protokol Internet Inilah Yang Sering Disebut
Sebagai Jaringan internet.
Jaringan
ARPANET Menjadi Semakin Besar Sejak Saat Itu Dan Mulai Dikelola Oleh Pihak
Swasta Pada Tahun 1984, Maka Semakin Banyak Universitas Tergabung Dan Mulailah
Perusahaan Komersial Masuk. Protokol TCP/IP Menjadi Protokol Umum Yang
Disepakati Sehingga Dapat Saling Berkomunikasi Pada Jaringan Internet Ini.
Perkembangan Besar Internet Ketiga Adalah
Terbangunnya Aplikasi World Wide Web Pada Tahun 1990 Oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi
World Wide Web (WWW) Ini Menjadi Konten Yang Dinanti Semua Pengguna Internet.
WWW Membuat Semua Pengguna Dapat Saling Berbagi Bermacam-Macam Aplikasi Dan
Konten, Serta Saling Mengaitkan Materi-Materi Yang Tersebar Di Internet. Sejak
Saat Itu Pertumbuhan Pengguna Internet Meroket.
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan
Uraian Dari BAB PEMBAHASAN Dapat
Disimpulkan Bahwa :
1.
Komputer Berasal Dari Kata Compute Yang Artinya Menhitung.
2.
Abacus, Yang Muncul Sekitar 5000 Tahun Yang Lalu Dianggap Sebagai Awal Mula
Mesin Komputasi.
3.
Internet (Kependekan Dari Interconnected-Networking) Ialah Rangkaian Komputer Yang
Terhubung Di Dalam Beberapa Rangkaian.
4.
Sejarah Dari Adanya Intenet Dimulai
Pada Tahun 1969 Dengan Kemunculan ARPANET.
5.
Dan Lain Sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
Sadiman. 2006. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk SMA
Kelas X. Jakarta: Erlangga
Sejarah Komputer. 26 Juli
2009.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar